Tips merawat hamster dengan benar


Buat anda yang hobi memelihara hamster, pasti anda menginginkan hamster anda tumbuh besar dan hidup lama kan?  Untuk itu anda harus benar-benar tahu bagaimana merawat hamster dengan baik. Berikut ini adalah sedikit tips merawat hamster dengan baik. . .

  • Usahakan kandang selalu bersih dan kering. Gunakan pasir atau butiran batu yang biasa dijual di tempat penjualan hamstert sebagai alasnya. Pasir ini berguna untuk mengeringkan kandang dari air kencing dan menghilangkan bau air kencing itu sendiri. Pasir ini juga dapat dipakai hamstetr untuk mandi, sehingga bulunya terlihat rapi, kering, dan tidak bau.
  • Ganti pasir ini dengan yang baru setiap minggu atau dua minggu sekali. Setelah seminggu atau dua minggu, pasir ini akan terlihat kotor karena bercampur dengan kotoran dan sisa makanan. Jika ingin sedikit irit, pasir yang sudah terpakai bisa dicuci, dikeringkan, dan dipakai ulang. Cara mencucinya, yaitu pasir bekas tadi direndam dulu agar kotoran dan sisa makanan mengambang sehingga memudahkan untuk memisahkan kotoran dan pasirnya.
  • Beri hamster makanan dan minuman yang cukup.  Untuk makanan, dapat diberi kuaci atau tumbukan kacang tanah yang sudah dikupas kulitnya. Untuk minuman, jangan beri air langsung, tetapi beri kecambah setiap pagi dan sore. Dengan demikian, kandang bisa terus kering sepanjang hari. Jika hanya memberi air saja, maka kandang akan basah dan hamster mudah sakit kemudian mati
  • Tambahkan makanan baru jika makanan yang sudah ditaburkan di tempat makanan sudah habis. Hal ini berfungsi untuk menjaga kebersihan agar tidak banyak sisa makanan berserakan di dalam kandang
  • Jika induk betina melahirkan, pisahkan dari hamster jantan atau hamster lainnya, dan perbanyak memberi makan kecambah. Ciri-ciri hamster yang akan melahirkan yaitu terlihat dari bentuk perutnya yang membuncit dan si induk seperti gelisah mondar mandir dalam kandang dengan lebih aktif dari keadaan biasa. Jangan lupa beri potongan kain untuk membuat sarang buat bayi-bayi hamster yang akan dilahirkan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih infonya..berguna banget..