6 Tips ampuh berhenti merokok


Merokok memang menyenangkan, tapi sebenarnya merokok dapat menimbulkan banyak hal-hal yang buruk seperti gangguan saluran pernafasan, gangguan sistem reproduksi wanita, dan bahkan menyebabkan kanker. Untuk yang belum terlanjur merokok sebaiknya hindari kegiatan ini, dan buat  yang sudah terlanjur berusahalah untuk berhenti melakakukan kegiatan ini.
Sebenarnya untuk berhenti merokok itu tidak sulit. Jika anda tahu langkah-langkah atau "tips" untuk melakukannya, pasti hal ini akan terasa mudah. Berikut adalah "tips" nya ...

1. Berusaha menahan keinginan merokok
Hasrat yang kuat (lamanya 2-3 menit) umumnya timbul beberapa jam setelah Anda menghabiskan rokok terakhir. Memang, dorongan itu hanya sebentar, tapi detik-detik itu merupakan kunci untuk bisa berhenti merokok.Cobalah melakukan suatu kegiatan untuk menghilangkan keinginan tersebut, misalnya menarik napas panjang, berdirilah dan berjalan sebentar, rentangkan tangan, minum segelas air putih atau jus buah.

2. Cabe adalah media peredam rokok
Sebenarnya, tidak ada jenis makanan yang dapat menghentikan kebiasaan merokok begitu saja. Tapi, jika untuk mengalihkan pikiran Anda dari merokok, makanan pedas layak dicoba.

3. Bukan mengurangi tapi berhenti total
angan mengurangi jumlah batangnya atau mengganti dengan rokok yang lebih ringan nikotinnya (mild). Karena, penggantian itu membuat Anda mengisap rokok mild tadi lebih dalam lagi, dan menyerap lebih banyak nikotin ke dalam paru-paru.

4. Jangan memaksakan diri saat badmood atau saat nganggur
Jangan memaksakan diri untuk berhenti merokok pada keadaan badmood atau saat sedang nganggur. Hal ini malah membuat kita semakin ingin merokok. Contohnya jika kita sedang liburan jangan paksakan untuk tidak merokok, sebab akan membuat hidup anda semakin berat kala memulai lagi ke aktivitas rutin. Sebaiknya, mulailah berhenti merokok di hari kerja. Dan juga saat sebelum haid jangan paksakan diri untuk tidak merokok, sebab bila anda sering mengalami kram perut atau moody, keinginan untuk mengisap rokok malah semakin besar.

5. Motivasi dari orang dekat
Minta pasangan, teman, dan keluarga Anda untuk tidak merokok di sekitar Anda. Katakan, itu merupakan salah satu bentuk dukungan mereka agar Anda bisa berhenti merokok.

6. Mengetahui efek langsung dari berhenti merokok
Ada sejuta alasan dan manfaat Anda harus berhenti merokok.Perlu Anda tahu, manfaat dari berhenti merokok bisa langsung dirasakan oleh tubuh.Contohnya, dalam tempo 20 menit seusai merokok, tekanan darah dan denyut nadi Anda akan kembali normal.Setelah tiga hari tidak merokok, maka nikotin tidak terdeteksi lagi dalam darah, indra penciuman kembali normal, dan Anda bisa bernapas lebih lega. Dalam waktu 2 sampai 12 minggu setelah benar-benar berhenti merokok, sirkulasi di berbagai bagian tubuh Anda akan berangsur membaik.

0 komentar: