Jenis - jenis Hamster

Untuk kalian yang hobi pelihara hamster, ada baiknya jika anda lihat jenis-jenis hamster lucu yang umum untuk dipelihara. Cekidot...





1. Syrian

Jenis hamster ini ditemukan pertama kali pada tahun 1930 oleh I. Aharoni, seorang profesor zoologi universitas Habrew, yerusalem. Nama syrian sendiri diambil dari tempat ditemukannya hamster tersebut. Yaitu di Siria, tepatnya di dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah padang pasir aleppo. Dan hamster ini adalah hamster yang berbadan paling besar dibanding hamster jenis lainnya dan memiliki panjang 15-20 cm bila sudah dewasa. Umur hamster dapat bertahan hingga 2-2,5 tahun jika dirawat dengan baik. Macam-macam jenis hamster syrian yaitu short hair, long hair, rex, satin.


2. Hamster Campbell

Jenis hamster ini adalah jenis hamster yang lumayan populer karena varian warnanya. Pertama ditemukan pada tahun 1905 oleh Thomas Campbell. Hamster ini berasal dari asia tengah, terutama banyak ditemukan di daerah mongol dan timur laut cina. Hamster ini dapat bertahan hingga 1,5-2 tahun dengan masa kehamilan 18-21 hari dan memiliki panjang 9-12 cm ketika dewasa. Hamster ini adalah jenis hamster yang susah dijinakkan, sangat agresif dan suka menggigit. Untuk mengatasinya mudah saja, jika ingin memegang atau membersihkan anda dapat memakai sarung tangan atau kain tebal sebagai pelindung. Namun hamster ini dapat jinak jika dia sudah merasa kenal dan nyaman dengan bau si pemiliknya. Jadi sering-seringlah kamu memasukan jari atau tanganmu kedalam kandang atau sering pegang hamster agar terbiasa dengan bau si pemiliknya. Hamster campbell memiliki bermacam-macam tipe yaitu albino, panda, black bear, argente, opal, blue dll.


3. Hamster Roborovski

Hamster ini berasal dari mogol bagian barat dan timur serta sebelah utara cina. Roborovski hidup di dalam lubang paling kecil dari 50-150cm. Panjang hamster ini 4-5 cm jika sudah dewasa dan umurnya dapat bertahan hingga 3,5 - 4 tahun yang jelas jika dirawat dengan baik. Hamster ini juga populer karena mukanya yang imut dan badannya paling kecil dari semua jenis hamster. Harga dipasaran lumayan mahal di bandingkan jenis hamster lain, mungkin karena hamster ini sulit untuk dikembangbiakkan. Hamster ini adaalah hamster yang paling gesit tapi jinak. Macam-macam hamster Roborovski yaitu normal dan white face.


4. Hamster Winter White

Jenis hamster ini ditemukan pertama kali pada tahun 1770. Nama hamster ini pun berdasarkan oleh perubahan warna bulu bila terjadi perubahan suhu. Pada musim dingin, bulu hamster ini akan berubah menjadi putih dan kembali ke warna asal pada musim panas. Umur hamster Winter White ini dapat bertahan hingga 1,5-2 tahun.

Hamster Winter White ini berasal dari bagian timur Kazakhastan dan tenggara siberia. Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Namun bentuk fisik nya hampir sama dengan campbell. Panjang hamster ini 7-9 cm bila sudah dewasa. Dan macam-macam hamster Winter White yaitu normal, safir, golden, pearl


5. Hamster Cina


Hamster ini berasal dari daerah utara cina dan termasuk ke dalam keluarga hamster berekor panjang. Umur hamster ini dapat bertahan hingga 2-4 tahun jika dirawat dengan baik. Dan macam-macam hamster cina yaitu normal, putih, berbintik-bintik.


6. Hamster Hybrid

Hamster Hybrid adalah hamster yang lahir dari hasil silangan hamster campbell dan hamster winter white. Dan hamster ini tidak boleh ikut show lho, karena hamster ini memiliki bulu yang paling indah dbandingkan dengan bulu hamster jenis lainnya, inilah yang menyebabkan hamster ini menjadi hamster Tercantik sekaligus hamster Termahal.

10 komentar:

zizah mengatakan...

aku tumbaske hamster hybrid mas ! wkwkwkwkwkwkw~

HOBBYPEDIA mengatakan...

oke. nunggu arab nang sampinge klaten yo ?
mengko lagi tak tumbaske..

HeavensQueen mengatakan...

duhhh....lucunyaaaaaaa :D
ak piara hamster jenis winter white. tp warnany abu2 ada garis itemnya d tengah. emang mirip campbell y... dl sempet ngira hamster punyaku campbell. tp trnyata salah.
pertama beli sepasang.sekarang udah berkembang biak sampe 3 generasi dari induk yang sama. 1 bulan sekali betinanya beranak ~_~
dari punya 1 kandang sampe sekarang ada 5 kandang (1 besar bgt, 2 medium, 2 lagi kecil)
jumlah hamsterku skrg 15 hamster. ada yg mati waktu msh bayi (3 ekor), dan yg ilang krn kabur waktu kandangny disenggol tikus sampe terbuka pintu kandangny (3 ekor). ada yg d hibahkan k temen yang minat juga (2 ekor). jd harusnya ad 22 ekor --a
skrg lg kebingungan mw d apain hamster2ny...
d jual sayang...
d kasih k org jg tkt nti mati krn g bs ngrawat. ngrawatnya gampang2 susah jg.
klo d itung2 udh abis uang banyak banget buat prawatanny...
pny solusi g mas??

Anonim mengatakan...

hybrid hrg nya brp tuh mas klo di jual??

HOBBYPEDIA mengatakan...

@HeavensQueen :maaf baru sempat balas koment sodara. wah banyak banget hamsternya. apa gak kerepotan tuh yang ngurusin.
ya saran saya, kalo udah bosen sama hamsternya mendingan di lelang aja. daripada ntar gak keurus. tapi kalo bener-bener minat sama hamsternya mendingan sodara kembangin hobi anda aja. mungkin buka pet shop khusus buat hamster bisa dicoba :)

@Anonim :maaf baru sempat balas koment sodara. tergantung kondisi hamster gan. umur, berat badan, keadaan tubuh itu berpengaruh.
kemarin saya tanya teman saya kalo untuk hamster yang usia 2 bulanan harga sekitar 300.000 per pasang. dengan keadaan hamster warna cerah :)

keken mengatakan...

heavens>>> skrg udh berkembang brp?

aq punya bnyk bgt hampir 80 ekor masih beranak pinak tyus,minta tlg dunk tadi jenis2 hamsternya d ksh foto smua. misal campbell ad macem2 itu di kasih foto smua ya,,,

Anonim mengatakan...

wah hamster ku beranak lagi 8 ekor, sekarang ada 19 ekor makanya banyak banget uhh....

Anonim mengatakan...

pengen yang roborovski......
ngrawatnya susah ga yaa???

HOBBYPEDIA mengatakan...

itu tinggal kemampuan dan niat kita kak :D
tapi apa salahnya dicoba ? :D

Anonim mengatakan...

sya pngen nanya d0nk mas,,
Ko hamster sya branak,a dkit mulu ya, , sekali branak paling bnyak cma 3, sya pngen,a sekali beranak tuh bnya,,
Punya tips,a ga gmana mas, ?